1. The Administrative Model
Diberi nama model administrasi atau line staff, karena inisiatif dan gagasan pengembangan dating dari para administrator pendidikan dan menggunakan prosedur administrasi.
2. The Grass Roots Model
Pengembangan ini merupakan lawan dari model pertama. Upaya pengembangan kurikulum bukan datang dari atas tetapi dari bawah, yaitu guru-guru atau sekolah.
3. Beauchamp’s System
Model ini dikembangkan oleh beauchamp seorang ahli kurikulum. Beauchamp mengemukakan lima hal didalam pengembangan kurikulum. Yaitu, menetapkan area atau lingkup wilayah, menetapkan personalia, organisasi dan prosedur kurikulum, implementasi kurikulum, evaluasi kurikulum.
4. The Demonstration Model
Model ini umumnya berskala kecil, hanya mencakup satu atau beberapa sekolah, suatu komponen kurikulum atau mencakup keseluruhan komponen kurikulum.
5. Ta’s inverted model
Ada lima langkah pengembangan kurikulum model ini yaitu mengadakan unit-unit eksperimen bersama guru-guru, menguji unit eksperimen, mengadakan revisi dan konsolidasi, pengembangan keseluruhan kerangka kurikulum, implementasi dan diseminasi.
6. Roger’s interpersonal relations model
Ada empat langkah model Rogers yaitu, pemilihan target dari system pendidikan, partisipasi guru dalam pengalaman kelompok yang intensif, pengembangan pengalaman kelompok yang intensif untuk satu kelas atau unit pelajaran, partisipasi orang tua dalam kegiatan kelompok.
7. The systematic action-research model
Model ini didasarkan pada asumsi bahwa perkembangan kurikulum merupakan perubahan social. Hal itu mencakup suatu proses yang melibatkan kepribadian orang tua, siswa guru dan struktur system sekolah.
8. Emerging technical models
Perkembangan bidang teknologi dan ilmu pengetahuan serta nilai-nilai efisiensi efektifitas dalam bisnis, juga mempengeruhi perkembangan model-model kurikulum.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar