Mata Pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A.
Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis,
sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa
fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan
suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi
peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan
lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian
pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan
memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk
inkuiri dan berbuat sehingga dapat
membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang
alam sekitar.
IPA diperlukan dalam
kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan
masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan.
Penerapan IPA perlu dilakukan secara bijaksana untuk menjaga dan
memelihara kelestarian lingkungan. Di
tingkat SMP/MTs diharapkan ada penekanan pembelajaran Salingtemas (Sains,
lingkungan, teknologi, dan masyarakat) secara
terpadu yang diarahkan pada pengalaman belajar untuk merancang dan membuat
suatu karya melalui penerapan konsep IPA dan kompetensi bekerja ilmiah secara
bijaksana.
Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan secara
inkuiri ilmiah (scientific inquiry)
untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta
mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu
pembelajaran IPA di SMP/MTs menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara
langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap
ilmiah.
Standar Kompetensi (SK) dan
Kompetensi Dasar (KD) IPA di SMP/MTs merupakan standar minimum yang secara
nasional harus dicapai oleh peserta didik dan menjadi acuan dalam pengembangan
kurikulum di setiap satuan pendidikan. Pencapaian SK dan KD didasarkan pada
pemberdayaan peserta didik untuk membangun kemampuan, bekerja ilmiah, dan
pengetahuan sendiri yang difasilitasi oleh guru.
B.
Tujuan
Mata pelajaran IPA di
SMP/MTs bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Meningkatkan
keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan,
keindahan dan keteraturan alam ciptaanNya
2. Mengembangkan pemahaman
tentang berbagai macam gejala alam, konsep dan prinsip IPA yang bermanfaat dan dapat
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
3.
Mengembangkan rasa
ingin tahu, sikap positif, dan kesadaran terhadap adanya hubungan yang saling
mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.
Melakukan inkuiri
ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak ilmiah serta berkomunikasi
5.
Meningkatkan
kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan
serta sumber daya alam
6.
Meningkatkan
kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu
ciptaan Tuhan
7.
Meningkatkan
pengetahuan, konsep, dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan
pendidikan ke jenjang selanjutnya.
C.
Ruang Lingkup
Bahan kajian IPA
untuk SMP/MTs merupakan kelanjutan bahan kajian IPA SD/MI meliputi aspek-aspek
sebagai berikut.
1.
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
2.
Materi dan Sifatnya
3.
Energi dan Perubahannya
4.
Bumi dan Alam Semesta
D. Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Memahami prosedur ilmiah untuk
mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan
|
1.1
Mendeskripsikan
besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
1.2
Mendeskripsikan
pengertian suhu dan pengukurannya
1.3
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan
menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan
sehari-hari
|
2.
Memahami klasifikasi zat
|
2.1 Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan
basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat
2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan
bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia
sederhana
2.4 Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan
campuran
|
3.
Memahami wujud zat dan perubahannya
|
3.1
Menyelidiki sifat-sifat zat
berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.2
Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari
3.3
Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuaian dalam kehidupan
sehari-hari
3.4
Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu
benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
4.
Memahami berbagai sifat dalam
perubahan fisika dan kimia
|
4.1 Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia
zat
4.2 Melakukan pemisahan campuran dengan
berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia
4.3 Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia
berdasarkan hasil percobaan sederhana
4.4 Mengidentifikasi terjadinya reaksi kimia
melalui percobaan sederhana
|
Kelas VII,
Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
5. Memahami gejala-gejala alam
melalui pengamatan
|
5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk
memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik
5.2
Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati
gejala-gejala kehidupan
5.4 Menerapkan keselamatan kerja dalam
melakukan pengamatan gejala-gejala alam
|
6. Memahami keanekara-gaman makhluk hidup
|
6.1 Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup
berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan
mulai dari tingkat sel sampai organisme
|
7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem
|
7.1 Menentukan ekosistem dan saling hubungan
antara komponen ekosistem
7.2 Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman
mahluk hidup dalam pelestarian ekosistem
7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi
manusia terhadap lingkungan
7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam
pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
|
Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
|
1.1 Menganalisis
pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
1.2 Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia
1.3 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia
dan hubungannya dengan kesehatan
1.4 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada
manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan
1.5 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
1.6 Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
|
2.1 Mengidentifikasi
struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
2.2
Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada
tumbuhan hijau
2.3
Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
2.4 Mengidentifikasi hama dan penyakit pada
organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
3. Menjelaskan konsep partikel materi
|
3.1 Menjelaskan konsep
atom, ion, dan molekul
3.2 Menghubungkan konsep
atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari
3.3 Membandingkan
molekul unsur dan molekul senyawa
|
4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
|
4.1 Mencari
informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan
sehari-hari
4.2
Mengkomunikasikan informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan
kimia
4.3 Mendeskripsikan
bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam
bahan makanan
4.4 Mendeskripsikan
sifat/pengaruh zat adiktif dan psikotropika
4.5 Menghindarkan diri
dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika
|
Kelas VIII,
Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi
dalam kehidupan sehari-hari
|
5.1 Mengidentifikasi
jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang
dikenai gaya
5.2 Menerapkan
hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
5.3 Menjelaskan
hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip “usaha dan energi” serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
5.4 Melakukan
percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
5.5 Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair,
dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
6. Memahami konsep dan penerapan getaran,
gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari
|
6.1 Mendeskripsikan
konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya
6.2 Mendeskripsikan
konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
6.3 Menyelidiki
sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
6.4 Mendeskripsikan alat-alat optik dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas
IX, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan
manusia
|
1.1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
1.2 Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit
yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
1.3 Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat
indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
2. Memahami
kelangsungan hidup makhluk hidup
|
2.1 Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk
hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan
2.2 Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada
makhluk hidup
2.3 Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil
pewarisan sifat dan penerapannya.
2.4 Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung
kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
|
3. Memahami konsep
kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1 Mendeskripsikan
muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya
dalam kehidupan sehari-hari
3.2 Menganalisis
percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
3.3 Mendeskripsikan
prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
3.4 Mendeskripsikan
hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Kelas
IX, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
4.1 Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat
magnet
4.2 Mendeskripsikan
pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi
4.3 Menerapkan konsep
induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang
memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik
|
5. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya
|
5.1 Mendeskripsikan karakteristik sistem tata
surya
5.2 Mendeskripsikan matahari sebagai bintang
dan bumi sebagai salah satu planet
5.3 Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan, dan
satelit buatan serta pengaruh interaksinya
5.4 Mendeskripsikan proses-proses khusus yang
terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan
zat dan kalor
5.5 Menjelaskan hubungan antarar proses yang
terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan
lingkungan
|
E.
Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah
dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar