Konsep profesi keguruan


Apakah Profesi, profesional, profesionalisme, profesionalitas ?
Profesi adalah jabatan yang menuntut keahlian para angotanya. Menurut Profesi Ornstein & Levine (1984), profesi dapat diartikan sebagai berikut:
  • Menerima tanggungjawab terhadap keputusan yang diambil
  • Komitmen terhadap jabatan dan klien
  • Menggunakan administrator
  • Mempunyai asosiasi profesi
  • Mempunyai kode etik
  • Mempunyai kadar kepercayaan yang tinggi dari masyarakat.
  • Mempunyai status sosial dan ekonomi
Profesional dapat diartikan sebagai (1) orang yang menyandang profesi (2) penampilan seseorang dalam melakukan pekerjaaannya. Profesionalisme adalah komitmen anggota profesi untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya. Sedangkan Profesionalitas yaitu mengacu pada sikap anggota profesi terhadap profesinya serta derajat pengetahuan dan keahlian yang dimiliki dalam melaksanakan pekerjaan.

Apakah Guru Termasuk Profesi?
Menurut UU No. 14 th 2005 disebutkan bahwa Guru sebagai profesi. Guru/ Dosen merupakan pendidik Profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, minilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak pada jalur formal.
Guru sebagai pendidik/pengajar harus memiliki empat kompetensi yaitu pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian. Kompetensi tersebut dapat dilihat pada penilaian kinerja seorang guru berupa prestasi kerja, kriteria proses dan hasil, dan untuk mengasilkan sikap dan kinerja profesional guru.
Mortensen & Schumuller (1969) membagi bidang layanan profesional guru menjadi tiga yaitu layanan instruksional, layanan administrasi, dan layanan bimbingan.
Penelitian yang dapat dikembangkan antara lain :
         Meneliti Sikap Profesional Guru
         Meneliti Kinerja Profesional Guru
         Meneliti sistem Managerial Sekolah
         Meneliti Efektivitas Sertifikasi Guru terhadap Layanan Profesional Guru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...