definisi LIK

I. DEFINISI LITERASI,INFORMASI DAN KIMIA
a. DEFINISI LITERASI
Secara sderhana literasi berarti kemampuan membaca dan menulis atau melek aksara.dalam konteks sekarang literasi memiliki arti yang sangat luas.literasi bisa berarti melek teknologi,politik,berfikiran kritis dan peka terhadap lingkungan sekitar.
b. DEFINISI INFORMASI
Informasi adalah data yang merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata.kejadian-kejadian(event) adalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu,suatu kenyataan (fact and entity) berupa objek nyata seperti tempat,benda,dan orang-orang yang benar-benar ada dan terjadi.
c. DEFINISI KIMIA
Kimia adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau tranformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari.kata kimia berasal dari bahasa arab yang berarti “seni transformasi” dan bahasa yunani “Alkimia”.
II. DEFINISI INFORMATION LITERACY
Infomation literacy adalah kemampuan untuk mengidentifikasikan informasi apa yang diperlukan ,memahami bagaimana informasi diatur,mengidentifikasikan sumber-sumber informasi terbaik untuk kebutuhan tertentu,mencari sumber-sumber,mengevaluasi sumber-sumber kritis dan berbagi informasi.ini adalah pengetahuan tentang tehnik penelitian yang biasa digunakan.
III. SIGNIFIKANSI INFORMATION LITERACY UNTUK SUKSES HIDUP PADA ABAD KE-21
Manusia abad ke-21 ini hidup dalam lingkungan yang berlumuran dengan teknologi dan media,yang ditandai dengan berlimpah-ruahnya informasi,perubahan alat teknologi yang amat cepat,dan kemampuan berkolaborasi dalam skala yang tidak pernah terjadi sebelumnya.seseorang yang hidup diabad ini,kalau mau efektif dituntut untuk memperlihatkan serangkaian keterampilan fungsional dan berfikir kritis yang bertemali dengan informasi,media dan teknologi.
Ada tiga yang diperlukan dalam hal ini: information literacy,media literacy,dan ICT literacy.information literacy atau kemelekan informasi ditandai dengan kemampuan mengakses informasi secara efisien dan efektif,mengevaluasi informasi secara kritis dan kompeten,dan menggunakan informasi secara akurat dan kreatif guna menangani isu atau permasalahan yang dihadapi.selain itu kemelekan informasi ditandai dengan pemahaman fundamental berkenaan dengan isu etis dan legal dalam hal mengakses dan menggunakan informasi.
IV. STANDAR INFORMATION LITERACY
A. STANDAR INFORMATION LITERACY SECARA UMUM
Standar 1
Orang yang melek informasi mengakui perlunya informasi dan menentukan sifat dan tingkat informasi yang dibutuhkan.
Hasil
• Mampu mendefinisikan kebutuhan informasi
• Menyadari berbagai sumber informasi dan mencari ‘paling cocok’ untuk tugas.
• Apakah dapat mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam konteks (siapa, apa, kapan, dimana, bagaimana dan mengapa)
Standar 2
Dapat mengakses informasi yang dibutuhkan secara efektif dan efisien.
Hasil
• Menggunakan berbagai strategi untuk memperoleh informasi.
• Menggunakan berbagai pendekatan untuk menemukan informasi secara efektif, seperti judul subjek dan kata kunci.
• Apakah mampu untuk mempersempit pencarian.
Standar 3
Orang yang melek informasi mengevaluasi informasi dan sumber-sumber yang kritis dan menggabungkan informasi yang dipilih ke dalam basis pengetahuan mereka dan nilai sistem.
Hasil
• Menetapkan dan menggunakan kriteria yang seuai dengan yang untuk mengevaluasi sumber.
• Mengerti bagaimana menggunakan informasi, penyaringan dan pemilihan yang sesuai.
• Menafsirkan informasi dengan mengidentifikasi ide-ide kunci, meringkas, rekaman, fakta-fakta dan rincian yang relevan.
Standar 4
Orang yang melek nformasi mengklasifikasikan, menyimpan, memanipulasi informasi yang dikumpulkan atau dihasilkan.
Hasil
• Penggunaan berbagai cara ubtuk mencatat, mengelola dan menyajikan informasi.
Standar 5
Orang yang melek informasi akan mengembangkan, menciptakan pengetahuan baru dengan mengingintegrasikan pengetahuan dan pemahaman baru secara individumaupun sebagai anggota suatu kelompok.
Hasil
• Memahami proses pancarian informasi.
• Mengerti bagaimana untuk mengintegrasikan informasi baru ke dalam pengetahuan sebelumnya.
Standar 6
• Orang yang melek informasi memahami budaya, ekonomi, hukum, dan sosial.
• Seputar penggunaan informasi , mengakses dan menggunakan informasi secara sah dan hormat.
Hasil
• Memahami hak cipta, plagiarisme dan isu-isu etis.
• Menggunakan informasi secara bertanggung jawab.
Standar 7
Orang yang melek informasi mengakui bahwa belajar seumur hidup dan partisipatif kewarganegaraan membutuhkan literasi informasi.
Hasil
• Menempatkan dan menggunakan informasi sesuai dengan keyakinan.
• Memahami informasi dalam masyarakat kita.
• Nilai informasi kontribusi membuat sepanjang hidup.


B. STANDAR INFORMATION LITERACY UNTUK MAHASISWA
Standar 1
• Sisiwa yang mengakses informasi melek informasi secara efisien dan efektif
• Mengakui perlunya informasi
• Mengakui bahwa informasi yang akurat dan komprehensif merupakan dasar untuk membuat keputusan yang cerdas
• Merumuskan pertanyaan berdasarkan informasi yang potensial
• Mengembangkan dan mengembangkan strategi yang berhasil untuk mencari informasi
Standar 2
• Siswa yang bisa membaca informasi mengevaluasi informasi kritis dan komplemen
• Menentukan akurasi,relevansi,dan kelengkapan
• Membedakan antara fakta,sudut pandang,dan pendapat
• Mengidentifikasi dan menyesatkan informasi akurat
• Tangan memilih informasi yang tepat terhadap masalah

Standar 3
• Siswa yang melek informasi menggunakan informasi akurat dan kreatif
• Mengorganisir informasi untuk aplikasi praktis
• Mengintegrasikan informasi menjadi pengetahuan sendiri
• Informasi berlaku dalam berfikr kritis dan pemecahan masalah
• Memroduksi dan informasi berkomunikasi dan ide-ide dalam format yang sesuai
Standar 4
• Siswa yang merupakan pelajar independen adalah informasi melek huruf dan mengejar informasi yang berkaitan dengan kepentingan pribadi
• Mencari informasi yang terkait dengan berbagai dimensi kesejahteraan, seperti karir, kepentingan masyarakat, keterlibatan kesehatan, dan rekreasi mengejar hal-hal pribadi
• Desain mengembangkan dan mengevaluasi produk dan solusi yang berkaitan dengan kepentingan pribadi
Standar 5
• Siswa yang merupakan pembelajar independen adalah informasi melek dan menghargai sastra dan ekspresi kreatif lainnya
• Motivasi diri pembaca kompeten
• Arti berasal dari informasi yang disajikan secara kreatif dalam berbagai format
• Mengembangkan produk kreatif dalam berbagai format
Standar 6
• Siswa yang merupakan pelajar independen adalah informasi melek huruf dan berusaha untuk keungggulan dalam pencarian informasi dan generasi pengetahuan
• Menilai kualitas proses dan produk informasi pribadi
• Merencanakan strategi untuk merevisi, memperbaiki, dan memperbaharui pengetahuan diri yang dihasilkan
Standar 7
• Mahasiswa yang memberikan kontribusi positigf kepada masyarakat belajar dan untuk masyarakat adalah informasi melek huruf dan mengakui pentingya informasi ke masyarakat yang demokratis
• Mencari informasi dari berbagai sumber, konteks, disiplin dan budaya
• Menghormati prinsip kesetaraan akses ke informasi

Standar 8
• Masyarakat yang ,memberikan kontribusi positif kepada masyarak belajar dan untuk masyarakat adalah informasi dan praktik melek huruf perilaku etis dalam hal dan informasi teknologi informasi
• Menghormati prinsip-prinsip kebebasan intelektual
• Menghormatin hak kekayaan intelektual
• Menggunakan teknologi informasi secara bertanggung jawab
Standar 9
• Mahasiswa yang memberikan kontribusi positif kepada masyarakat belajar dan untuk masyarakat adalah informasi melek huruf dan berpartisipasi secara efektif dalam kelompok untuk mengejar dan menghasilkan informasi
• Saham pengetahuan dan informasi dengan orang lain
• Orang lain ide hormati dan latar belakang dan mengakui kontribusi mereka
• Berkolaborasi dengan orang lain, baik secara langsung maupun melalui teknologi, untuk mengidentifikasi maslah informasi dan untuk mencari solusi mereka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...