RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA
Kelas/Semester : XI/1
Mata Pelajaran : KIMIA
Tema :
LAJU REAKSI
Sub Tema : FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI
Jumlah Pertemuan : 1 kali pertemuan (45
menit)
A.
Standar Kompetensi :
Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan
faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
B.
Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan pengertian laju reaksi dengan
melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Menjelaskan konsep laju reaksi dengan
percaya diri.
2.
Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi dengan kritis.
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan konsep laju reaksi
berdasarkan studi pustaka.
2.
Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi dengan studi pustaka.
E.
Materi Ajar
- Konsep laju reaksi
- Faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi.
a.
Luas permukaan
b.
Konsentrasi pereaksi
c.
Tekanan
d.
Suhu
F.
Ringkasan Materi
- Konsep laju reaksi
Laju reaksi
menyatakan laju perubahan konsentrasi zat-zat komponen reaksi setiap satuan
waktu:
•
Laju pengurangan konsentrasi pereaksi per satuan
waktu
•
Laju penambahan
konsentrasi hasil reaksi per satuan waktu
•
Perbandingan
laju perubahan masing-masing komponen sama dengan perbandingan koefisien
reaksinya
- Faktor-faktor
yang mempengaruhi laju reaksi
a.
Luas permukaan
Luas permukaan
mempercepat laju reaksi karena semakin luas permukaan zat, semakin banyak
bagian zat yang saling bertumbukan dan semakin besar peluang adanya tumbukan
efektif menghasilkan perubahan
Semakin luas
permukaan zat, semakin kecil ukuran partikel zat. Jadi semakin kecil ukuran
partikel zat, reaksi pun akan semakin cepat.
b.
Konsentrasi Pereaksi
Konsentrasi
mempengaruhi laju reaksi, karena banyaknya partikel memungkinkan lebih banyak
tumbukan, dan itu membuka peluang semakin banyak tumbukan efektif yang
menghasilkan perubahan. Semakin besar konsentrasi , semakin cepat reaksi
berlangsung.
c.
Tekanan
Penambahan
tekanan dengan memperkecil volume akan memperbesar konsentrasi, dengan demikian
dapat mempercepat laju reaksi.
d.
Suhu
Kenaikan suhu dapat mempercepat laju reaksi
karena dengan naiknya suhu energi kinetik partikel zat-zat meningkat sehingga
memungkinkan semakin banyaknya tumbukan efektif yang menghasilkan perubahan.
e.
Katalisator
Katalis adalah
zat yang dapat mempercepat laju reaksi.
Ada 2 jenis katalis :
·
Katalis aktif yaitu katalis yang ikut terlibat reaksi
dan pada akhir rekasi terbentuk kembali.
·
Katalis pasif yaitu katalis yang tidak ikut bereaksi,
hanya sebagai media reaksi saja.
G.
Alokasi Waktu
Ø Pertemuan : 45 menit
H.
Metode Pembelajaran :
Model :
Kooperatif Learning,snowball throwing
Pendekatan : Konstruktivisme
Strategi : Inquiry
Metode :
Ceramah, diskusi, games
Teknik :
Pelemparan bola pertanyaan
I.
Kegiatan Pembelajaran
Sintaks pembelajaran
|
Kegiatan Pendidik
|
Pengalaman Belajar Peserta Didik
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Pendidik membuka
pelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian menanyakan kabar peserta didik.
b.
Pendidik memimpin berdoa
c.
Pendidik menyampaikan
tujuan
pembelajaran laju reaksi.
|
a.
Peserta didik
menjawab salam
b.
Peserta didik berdoa
c.
Peserta didik
memperhatikan
|
1 menit
1 menit
1 menit
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
a.
Pendidik menyebutkan
faktor – faktor yang mempengari laju reaksi
b.
Pendidik membagi
siswa dalam 8 kelompok
c.
Pendidik menyuruh peserta
didik untuk mempelajari materi laju reaksi
d.
Pendidik menjelaskan
aturan main
|
a.
Peserta didik memperhatikan
b.
Peserta didik membentuk kelompok
c.
Peserta didik mempelajari materi laju reaksi
d.
Peserta didik memperhatikan
|
1 menit
3 menit
10 menit
1 menit
|
Elaborasi
a.
Pendidik memberi kesempatan pada masing-masing kelompok untuk membuat
pertanyaan.
b.
Pendidik melemparkan sebuah bola kertas berisi pertanyaan pada salah satu
kelompok
c.
Pendidik menyuruh kelompok yang mendapatkan bola kertas pertama
melemparkan bola kertas lagi ke kelompok lain
|
a.
Peserta didik membuat pertanyaan secara berkelompok.
b.
Perwakilan kelompok menerima bola kertas dan menjawab pertanyaan
dengan diskusi bersama anggota kelompoknya.
c.
Kelompok pertama melemparkan bola kertas yang berisi pertanyaan
ke kelompok lain.
|
5 menit
10 menit
2 menit
|
|
Konfirmasi:
a.
Pendidik memberikan penguatan terhadap materi.
b.
Pendidik mengkoreksi
jawaban siswa
|
a. Peserta didik memperhatikan, mencatat, dan bertanya jika belum
jelas.
|
5 menit
1 menit
|
|
Penutup
|
a. Pendidik bersama peserta didik menyimpulkan
hasil belajar.
b.
Pendidik menyampaikan materi yang akan dipelajari
pertemuan berikutnya.
c.
Pendidik menutup
kegiatan belajar-mengajar dengan mengucap hamdalah dan salam.
|
a. Peserta didik memperhatikan.
b. Peserta didik memperhatikan.
c. Peserta didik mengucapkan hamdalah dan
menjawab salam.
|
2 menit
1 menit
1 menit
|
J.
Penilaian Hasil Belajar
Teknik : Pelemparan bola
Instrumen : Bola kertas
berisi pertanyaan
Bentuk Instrumen :
3D
Contoh Instrumen :
Terlampir
K.
Sumber
Belajar
Purba, Michael. 2006. Kimia untuk SMA kelas XI semester 1 jilid 2A.
Jakarta : Erlangga.
Contoh instrumen penilaian proses
pembelajaran
1.
Kekompakan dalam mendiskusikan materi.
2.
Kecepatan dan ketepatan dalam menjawab pertanyaan.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Sriwijaya, Ph.D
|
Guru Utama
Mata Pelajaran Kimia
|
M. Lampiran
Contoh Instrumen
1.
Mengapa kenaikan suhu dapat mempercepat laju reaksi ?
Jawab :
Karena dengan naiknya suhu energi kinetik partikel
zat-zat meningkat sehingga memungkinkan semakin banyaknya tumbukan efektif yang akan mempercepat laju reaksi .
owh begitu yah.. tdapi terlalu kompleks gan
BalasHapusakan saya edit gan
Hapus