Contoh RPP Faktor-faktor yang mempengaruhi laju rekasi



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                       : SMA
Kelas/Semester           : XI/1
Mata Pelajaran          : KIMIA
Tema                          : LAJU REAKSI
Sub Tema                   : FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI    LAJU REAKSI
Jumlah Pertemuan    : 1 kali pertemuan (45 menit)


A.    Standar Kompetensi :  
Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam  kehidupan sehari-hari dan industri.

B.     Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan pengertian laju reaksi dengan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menjelaskan konsep laju reaksi dengan percaya diri.
2.      Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dengan kritis.


D. Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan konsep laju reaksi berdasarkan studi pustaka.
2.      Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dengan studi pustaka.

E.  Materi Ajar
  1. Konsep laju reaksi
  2. Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
a.       Luas permukaan
b.      Konsentrasi pereaksi
c.       Tekanan
d.      Suhu
e.       Katalis
F.     Ringkasan Materi
  1. Konsep laju reaksi
Laju reaksi menyatakan laju perubahan konsentrasi zat-zat komponen reaksi setiap satuan waktu:
  


            Laju pengurangan konsentrasi pereaksi per satuan waktu
            Laju penambahan konsentrasi hasil reaksi per satuan waktu
            Perbandingan laju perubahan masing-masing komponen sama dengan perbandingan koefisien reaksinya

  1. Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
a.       Luas permukaan
Luas permukaan mempercepat laju reaksi karena semakin luas permukaan zat, semakin banyak bagian zat yang saling bertumbukan dan semakin besar peluang adanya tumbukan efektif menghasilkan perubahan
Semakin luas permukaan zat, semakin kecil ukuran partikel zat. Jadi semakin kecil ukuran partikel zat, reaksi pun akan semakin cepat.
b.      Konsentrasi Pereaksi
Konsentrasi mempengaruhi laju reaksi, karena banyaknya partikel memungkinkan lebih banyak tumbukan, dan itu membuka peluang semakin banyak tumbukan efektif yang menghasilkan perubahan. Semakin besar konsentrasi , semakin cepat reaksi berlangsung.
c.       Tekanan
Penambahan tekanan dengan memperkecil volume akan memperbesar konsentrasi, dengan demikian dapat mempercepat laju reaksi.
d.      Suhu
Kenaikan suhu dapat mempercepat laju reaksi karena dengan naiknya suhu energi kinetik partikel zat-zat meningkat sehingga memungkinkan semakin banyaknya tumbukan efektif yang menghasilkan perubahan.
  
e.       Katalisator
Katalis adalah zat yang dapat mempercepat laju reaksi.
Ada 2 jenis katalis  :
·         Katalis aktif yaitu katalis yang ikut terlibat reaksi dan pada akhir rekasi terbentuk kembali.
·         Katalis pasif yaitu katalis yang tidak ikut bereaksi, hanya sebagai media reaksi saja.

G. Alokasi Waktu
Ø  Pertemuan : 45 menit

H. Metode Pembelajaran :
Model         : Kooperatif Learning,snowball throwing
Pendekatan : Konstruktivisme
Strategi       : Inquiry
Metode       : Ceramah, diskusi, games
Teknik         : Pelemparan bola pertanyaan

I.    Kegiatan Pembelajaran

Sintaks pembelajaran
Kegiatan Pendidik
Pengalaman Belajar Peserta Didik
Waktu
Pendahuluan

a.   Pendidik membuka pelajaran dengan mengucapkan salam, kemudian menanyakan kabar peserta didik.
b.   Pendidik memimpin berdoa
c.   Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran laju reaksi.


a.      Peserta didik menjawab salam



b.      Peserta didik berdoa
c.    Peserta didik memperhatikan


1 menit



1 menit
1 menit

Kegiatan Inti

Eksplorasi
a.       Pendidik menyebutkan faktor – faktor yang mempengari laju reaksi
b.      Pendidik membagi siswa dalam 8 kelompok
c.       Pendidik menyuruh peserta didik untuk mempelajari materi laju reaksi

d.      Pendidik menjelaskan aturan main
a.       Peserta didik memperhatikan
b.      Peserta didik membentuk kelompok
c.       Peserta didik mempelajari materi laju reaksi
d.      Peserta didik memperhatikan


1 menit

3 menit


10 menit


1 menit
Elaborasi
a.   Pendidik memberi kesempatan pada masing-masing kelompok untuk membuat pertanyaan.

b.   Pendidik melemparkan sebuah bola kertas berisi pertanyaan pada salah satu kelompok


c.   Pendidik menyuruh kelompok yang mendapatkan bola kertas pertama melemparkan bola kertas lagi ke kelompok lain


a.       Peserta didik membuat pertanyaan secara berkelompok.


b.      Perwakilan kelompok menerima bola kertas dan menjawab pertanyaan dengan diskusi bersama anggota kelompoknya.

c.       Kelompok pertama melemparkan bola kertas yang berisi pertanyaan ke kelompok lain.





5 menit



10 menit



2 menit


Konfirmasi:
a.       Pendidik memberikan penguatan terhadap materi.


b.      Pendidik mengkoreksi jawaban siswa


 

a.       Peserta didik memperhatikan, mencatat, dan bertanya jika belum jelas.

  1. Peserta didik mendengarkan


5 menit



1 menit
Penutup
a.    Pendidik bersama peserta didik menyimpulkan hasil belajar.

b.   Pendidik menyampaikan materi yang akan dipelajari pertemuan berikutnya.

c.    Pendidik menutup kegiatan belajar-mengajar dengan mengucap hamdalah dan salam.
a.       Peserta didik memperhatikan.



b.      Peserta didik memperhatikan.




c.       Peserta didik mengucapkan hamdalah dan menjawab salam.
2 menit



1 menit




1 menit





J.   Penilaian Hasil Belajar
Teknik                     : Pelemparan bola
Instrumen               : Bola kertas berisi pertanyaan
Bentuk Instrumen   : 3D
Contoh Instrumen  : Terlampir      
                     
K. Sumber Belajar
Purba, Michael. 2006. Kimia untuk SMA kelas XI semester 1 jilid 2A. Jakarta : Erlangga.

Contoh instrumen penilaian proses pembelajaran
1.      Kekompakan dalam mendiskusikan materi.
2.      Kecepatan dan ketepatan dalam menjawab pertanyaan.






Mengetahui,
Kepala Sekolah




Sriwijaya, Ph.D
Guru Utama
Mata Pelajaran Kimia




  1. Ainul Imdad, M. Edu.



M. Lampiran
Contoh Instrumen

1.      Mengapa kenaikan suhu dapat mempercepat laju reaksi ?

Jawab :
Karena dengan naiknya suhu energi kinetik partikel zat-zat meningkat sehingga memungkinkan semakin banyaknya tumbukan efektif yang akan mempercepat laju reaksi .

2 komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...