Pengertian
Inspeksi (inspectie) : pengawasan (terbatas pada kegiatan mengawasi apakah bawahan sudah
mejalankan tugas.
Penilikan (Luar Sekolah) dan pengawasan (jalur
pendidikan sekolah)
Monitoring (pengumpulan data apa adanya)
Penilaian (evaluasi)
Supervisi (Daresh, 1989): suatu proses mengawasi
kemampuan sesorang untuk mencapai tujuan organisasi
Supervisi (Wiles, 1955) : bantuan dalam pengembangan
situasi belajar mengajar.
Tugas supervisi (Lucio dan McNeil, 1978) : tugas
perencanaan, administrasi, partisipasi dlm pengembangan kurikulum, melaksanakan
demonstrasi untuk guru, melaksanakan penelitian
Supervisi : tindakan yang ditujuan untuk memberikan
bantuan pada guru untuk memperbaiki pembelajaran.
Fungsi
supervisi : fungsi administrasi umum, fungsi manajemen, fungsi mengajar dan
pelayanan.
Fungsi dan Peran Supervisi
Kegiatan supervisi bertujuan untuk meningakatkan
efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran yang di dasarkan pada
permasalahan yang muncul dari proses pembelajaran (Lesson Study)
Dilihat daari peranannyaa, supervisi dibagi menjadi 2
yaitu supervisi traktif (perubahan kecil untuk menjaga kontinuitas) dan dinamik
(perubahan intensif)
Tugas Supervisor
T.Pendahuluan
ü Pengembangan kurikulum
ü Fasilitas
T.Operasional
ü Pengorganisasian pembelajaran
ü Materi/ bahan ajar
ü Orientasi kpd guru
ü Hub . dg Masy
ü Koordinasi KBM dg Layanan
T. Perkembangan
ü Pendidikan dlm Jabatan
ü Evaluasi
Teknik Supervisi
Pendekatan Humanistik
ü Pembicaraan awal
ü Observasi
ü Analisis dan intepretasi
ü Pembicaraan akhir
ü laporan
- Pendekatan Kompetensi
ü Menetapkan kriteria unjuk kerja yg dikehendaki
ü Menetapkan target unjuk kerja
ü Menentukan aktivitas
unjuk kerja
ü Memonitor kegiatan untuk mengetahui unjuk kerja
ü Melakukan penilaian
ü Pembicaraan akhir
- Pendekatan Klinis
ü Asumsi proses belajar
guru
ü Supervisi klinis : suatu proses tatap muka antara
supervisor dengan guru yg membicarakan hal mengajar dan yg berhubungan dg hal
itu.
ü Tujuan supervisi klinis adalah untuk meningkatkan
keterampilan profesional seorang guru dalam proses pembelajaran
ü Keterampilan-keterampilan dasar (generic skill)
a.
Keterampilan
menggunakan variasi dlm mengajar dan menggunakan stimulasi
b.
Keterampilan
melibatkan siswa dalam proses pemb.
c.
Keterampilan
mengelola kelas dan disiplin
ü Tahapan melaksanakan supervisi klinis
a.
Pembicaraan
pra-observasi
b.
Melaksanakan
observasi
c.
Melakukan
analisis dan menentukan strategi
d.
Melakukan
pembicaraan tentang hasil supervisi
e.
Melakukan analisis
setelah pembicaraan
- Pendekatan Profesional
ü Asumsinya adalah tugas utama guru adalah mengajar
ü Pembinaan profesional dengan
a.
penataran
bersama
b.
Penggugusan
c.
KKG, KKKS, KKPS,
PKG
Tidak ada komentar:
Posting Komentar