Pengertian
— Inspeksi (inspectie) : pengawasan (terbatas pada kegiatan mengawasi apakah bawahan sudah
mejalankan tugas.
— Penilikan (Luar Sekolah) dan pengawasan (jalur
pendidikan sekolah)
— Monitoring (pengumpulan data apa adanya)
— Penilaian (evaluasi)
— Supervisi (Daresh, 1989): suatu proses mengawasi
kemampuan sesorang untuk mencapai tujuan organisasi
— Supervisi (Wiles, 1955) : bantuan dalam pengembangan
situasi belajar mengajar.
— Tugas supervisi (Lucio dan McNeil, 1978) : tugas
perencanaan, administrasi, partisipasi dlm pengembangan kurikulum, melaksanakan
demonstrasi untuk guru, melaksanakan penelitian
— Supervisi : tindakan yang ditujuan untuk memberikan
bantuan pada guru untuk memperbaiki pembelajaran.
— Fungsi
supervisi : fungsi administrasi umum, fungsi manajemen, fungsi mengajar dan
pelayanan.
Fungsi dan Peran Supervisi
— Kegiatan supervisi bertujuan untuk meningakatkan
efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran yang di dasarkan pada
permasalahan yang muncul dari proses pembelajaran (Lesson Study)
— Dilihat daari peranannyaa, supervisi dibagi menjadi 2
yaitu supervisi traktif (perubahan kecil untuk menjaga kontinuitas) dan dinamik
(perubahan intensif)
Tugas Supervisor
— T.Pendahuluan
ü Pengembangan kurikulum
ü Fasilitas
— T.Operasional
ü Pengorganisasian pembelajaran
ü Materi/ bahan ajar
ü Orientasi kpd guru
ü Hub . dg Masy
ü Koordinasi KBM dg Layanan
— T. Perkembangan
ü Pendidikan dlm Jabatan
ü Evaluasi
Teknik Supervisi
— Pendekatan Humanistik
ü Pembicaraan awal
ü Observasi
ü Analisis dan intepretasi
ü Pembicaraan akhir
ü laporan
- Pendekatan Kompetensi
ü Menetapkan kriteria unjuk kerja yg dikehendaki
ü Menetapkan target unjuk kerja
ü Menentukan aktivitas
unjuk kerja
ü Memonitor kegiatan untuk mengetahui unjuk kerja
ü Melakukan penilaian
ü Pembicaraan akhir
- Pendekatan Klinis
ü Asumsi proses belajar
guru
ü Supervisi klinis : suatu proses tatap muka antara
supervisor dengan guru yg membicarakan hal mengajar dan yg berhubungan dg hal
itu.
ü Tujuan supervisi klinis adalah untuk meningkatkan
keterampilan profesional seorang guru dalam proses pembelajaran
ü Keterampilan-keterampilan dasar (generic skill)
a.
Keterampilan
menggunakan variasi dlm mengajar dan menggunakan stimulasi
b.
Keterampilan
melibatkan siswa dalam proses pemb.
c.
Keterampilan
mengelola kelas dan disiplin
ü Tahapan melaksanakan supervisi klinis
a.
Pembicaraan
pra-observasi
b.
Melaksanakan
observasi
c.
Melakukan
analisis dan menentukan strategi
d.
Melakukan
pembicaraan tentang hasil supervisi
e.
Melakukan analisis
setelah pembicaraan
- Pendekatan Profesional
ü Asumsinya adalah tugas utama guru adalah mengajar
ü Pembinaan profesional dengan
a.
penataran
bersama
b.
Penggugusan
c.
KKG, KKKS, KKPS,
PKG
Tidak ada komentar:
Posting Komentar