SUPERVISI PENDIDIKAN


Pengertian
  Inspeksi (inspectie) : pengawasan (terbatas  pada kegiatan mengawasi apakah bawahan sudah mejalankan tugas.
  Penilikan (Luar Sekolah) dan pengawasan (jalur pendidikan sekolah)
  Monitoring (pengumpulan data apa adanya)
  Penilaian (evaluasi)
  Supervisi (Daresh, 1989): suatu proses mengawasi kemampuan sesorang untuk mencapai tujuan organisasi
  Supervisi (Wiles, 1955) : bantuan dalam pengembangan situasi belajar mengajar.
  Tugas supervisi (Lucio dan McNeil, 1978) : tugas perencanaan, administrasi, partisipasi dlm pengembangan kurikulum, melaksanakan demonstrasi untuk guru, melaksanakan penelitian
  Supervisi : tindakan yang ditujuan untuk memberikan bantuan pada guru untuk memperbaiki pembelajaran.
  Fungsi supervisi : fungsi administrasi umum, fungsi manajemen, fungsi mengajar dan pelayanan.
Fungsi dan Peran Supervisi
  Kegiatan supervisi bertujuan untuk meningakatkan efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran yang di dasarkan pada permasalahan yang muncul dari proses pembelajaran (Lesson Study)
  Dilihat daari peranannyaa, supervisi dibagi menjadi 2 yaitu supervisi traktif (perubahan kecil untuk menjaga kontinuitas) dan dinamik (perubahan intensif)
Pelaksanaan Supervisi



Tugas Supervisor
  T.Pendahuluan
ü  Pengembangan kurikulum
ü  Fasilitas
  T.Operasional
ü  Pengorganisasian pembelajaran
ü  Materi/ bahan ajar
ü  Orientasi kpd guru
ü  Hub . dg Masy
ü  Koordinasi KBM dg Layanan
  T. Perkembangan
ü  Pendidikan dlm Jabatan
ü  Evaluasi
Teknik Supervisi
  Pendekatan Humanistik
ü  Pembicaraan awal
ü  Observasi
ü  Analisis dan intepretasi
ü  Pembicaraan akhir
ü  laporan
  • Pendekatan Kompetensi
ü  Menetapkan kriteria unjuk kerja  yg dikehendaki
ü  Menetapkan target unjuk kerja
ü  Menentukan aktivitas  unjuk kerja
ü  Memonitor kegiatan untuk mengetahui unjuk kerja
ü  Melakukan penilaian
ü  Pembicaraan akhir
  • Pendekatan Klinis
ü  Asumsi proses belajar  guru
ü  Supervisi klinis : suatu proses tatap muka antara supervisor dengan guru yg membicarakan hal mengajar dan yg berhubungan dg hal itu.
ü  Tujuan supervisi klinis adalah untuk meningkatkan keterampilan profesional seorang guru dalam proses pembelajaran
ü  Keterampilan-keterampilan dasar (generic skill)
a.       Keterampilan menggunakan variasi dlm mengajar dan menggunakan stimulasi
b.      Keterampilan melibatkan  siswa dalam proses  pemb.
c.       Keterampilan mengelola kelas dan disiplin
ü  Tahapan melaksanakan supervisi klinis
a.       Pembicaraan pra-observasi
b.      Melaksanakan observasi
c.       Melakukan analisis dan menentukan strategi
d.      Melakukan pembicaraan tentang hasil supervisi
e.       Melakukan analisis setelah pembicaraan
  • Pendekatan Profesional
ü  Asumsinya adalah tugas utama guru adalah mengajar
ü  Pembinaan profesional dengan
a.       penataran bersama
b.      Penggugusan
c.       KKG, KKKS, KKPS, PKG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...